lazada.co.id
Home » , » Cara Menyusun SKP bagi PNS Jabatan Fungsional Khusus (JFK)

Cara Menyusun SKP bagi PNS Jabatan Fungsional Khusus (JFK)

Written By Gus Priyono Koes on 23 Mei 2013 | Kamis, Mei 23, 2013

Jumpa lagi dengan pembahasan SKP.


Kali ini saya membahas bagaimana teknik penyusunan SKP dan penilaiannya (di posting berbeda) bagi pegawai jabatan fungsional tertentu atau khusus yang selanjutnya dalam bahasan ini saya menyebutnya JFT atau JFK. Jadi kalau tertulis JFT atau JFK, keduanya memiliki pengertian yang sama, yaitu mengacu kepada PP No 16 Tahun 1994.

Bahasan ttg SKP lebih lengkap dan lebih Mendalam, silahkan Kunjungi [klik]: Sasaran Kerja Pegawai.Info 
Sebenarnya yang dimaksud Jabatan Fungsional PNS itu adalah apabila kedudukan yang menunjukkan tugas, tanggung jawab, wewenang dan hak seseorang Pegawai Negeri Sipil dalam suatu satuan organisasi yang dalam pelaksanaan tugasnya didasarkan pada keahlian dan/atau ketrampilan tertentu serta bersifat mandiri. (PP 16 Tahun 1994). Kemudian setiap kegiatan atau uraian tugasnya dinilai dengan angka kredit. Setiap JFT/JFK memiliki instansi teknis sebagai pembina. Oya, yang termasuk JFT itu antara lain Guru, Dokter, Auditor, Widyaiswara, Peneliti, Radiografer dan lain-lain. Setidaknya saat ini terdapat 114 jenis jabatan fungsional khusus di Indonesia. Mau tahu? Silahkan baca disini. Daftarnya bisa di-DOWNLOAD disini.

JFT/JFK adalah jabatan fungsional yang pengelolaannya diatur dengan peraturan khusus oleh instansi teknis sebagai instansi pembinanya. Contoh-contoh JFT dan instansi pembinanya adalah sbb:

No
JFK/JFT
Peraturan yg Mengatur
Instansi Pembina
1
Guru
Permenpan No. 16 tahun 2009 dan
Kemdikbud
2
Dokter
SKB Menkes & BKN No. 1738/MENKES/ SKB/XII/2003 dan No. 52 tahun 2003
Kemenkes
3
Peneliti
SKB BKN & LIPI No. 3719/ D /2004 dan No. 60 tahun 2004
LIPI
4
Widya Iswara
Permenpan No. 14 tahun 2009
LAN
5
Pranata Komputer
Permenpan No. 66 /KEP/ MPAN /7 /2003
Badan Pusat Statistik
6
Perencana
SK Menpan KEP 013 MPAN 02 2003
Bappenas
7
Analis Kepegawaian
Permenpan No. Per/14/M.PAN/6/2008
BKN

Bagaimana cara menyusun SKP-nya? SKP bagi JFT/JFK tidak ada bedanya dengan PNS lain, JFT/JFK tetap harus menyusun Target Output, target Kualitas, target Waktu dan atau Biaya. Melalui diagram di bawah ini, penyusunan SKP dapat diperlihatkan SOP-nya sebagai berikut:
Bagaimana cara menyusun SKP bagi JFK/JFT? 

Pada dasarnya Penyusunan SKP pejabat fungsional tertentu, kegiatan tugas jabatannya disesuaikan dengan butir-butir kegiatan berdasarkan peraturan perundang-undangan yang mengatur tentang jabatan fungsional tertentu tersebut. Dalam hal jabatan fungsional guru, jika JFT Guru ingin menyusun SKP ia sangat dianjurkan mempedomani Permenpan RB No 16/2009, Permendiknas No 35/2010, Peraturan Bersama Mendiknas dan Kepala BKN RI No. : 03/V/PB/2010 dan No: 14 Tahun 2010, selain mempedomani peraturan sebagaimana tertulis di atas, juga harus mengacu kepada Permenpan dan RB Nomor 16 Tahun 2009, dan Peraturan Menteri Pendidikan Nasional (Permendiknas) No 38 Tahun 2010Aplikasi Penilaian Kinerja Guru (PKG) 1, dan PKG 2

Sebagai contoh Sdr. Cik Gu. Berdasarkan diagram SOP, terlebih dulu Sdr. Cik Gu menyusun SKP sesuai tugas yang diampu. kemudian Cik Gu mencantumkan berapa sasaran (target) yang harus dicapai sepanjang tahun pembuatan yang meliputi:  Angka Kredit, Target Output (TO), target Kualitas, target waktu, dan atau target biaya (jika ada).

Sebagai seorang guru, Sdr. Cik Gu mempunyai tugas dan angka kreditnya sebagai berikut:
  1. Melaksanakan penyusunan program pengajaran setiap semester (dengan AK setiap semester 1,665)
  2. Melaksanakan penyajian program pengajaran (dengan AK setiap semester 5)
  3. Melaksanakan evaluasi belajar (dengan AK setiap semester 1,665)
  4. Melaksanakan analisis hasil evaluasi belajar (dengan AK setiap semester 0,925)
  5. Menyusun dan melaksanakan program perbaikan (Remedial) (dengan AK setiap semester 0,925)
  6. Membimbing siswa dalam kegiatan ekstra kurikuler (sebutkan jenis kegiatan Ekskul) (dengan AK setiap semester 0,76)
  7. Unsur Penunjang: Panitia Porseni Tingkat Kabupaten Bangka sebagai Pengurus (setiap kali kegiatan/bulan dengan AK 0,25)
Setelah itu Sdr. Cik Gu menyusun SKP dengan target-target sbb.
Bagi yang berminat aplikasi sederhana berupa Simulasi Penilaian SKP (MS Excel 2010) silahkan downloadisini. 
Anda datang ke Website ini atas Kata Kunci pencarian:
Cara Menyusun Sasaran Kerja Pegawai, PP 46 Tahun 2011, Simulasi Penyusunan SKP, Kewajiban PNS, Tanggung Jawab PNS, DP3 diganti dengan SKP, Catatan Go Blog Menyusun SKP, Analisis Jabatan, Anjab, ABK, Cara membuat Uraian Tugas, Job Description. KONTRAK KINERJA PNS, contoh blankko bkn pelaksanaan pp46 tahun 2011, Macam-macam Jabatan Fungsional Khusus, Jabatan Fungsional Tertentu, PP  16 Tahun 1994. Cara menyusun uraian tugas jabatan guru, contoh uraian tugas auditor, contoh uraian tugas dokter. 

Share this article :

0 comments:

Ada kesalahan di dalam gadget ini

Pengikut


 
Support : Catatan Go Blog Groups | Your Dongeng Plano | SKP.Info
Copyright © 2013. Catatan Go Blog - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger