lazada.co.id
Home » , , » Metode Baru Penilaian Prestasi Kerja PNS (#1)

Metode Baru Penilaian Prestasi Kerja PNS (#1)

Written By Gus Priyono Koes on 4 Jun 2013 | Selasa, Juni 04, 2013

Artikel tentang SKP lainnya dapat dibaca di www.SasaranKerjaPegawai.Info

Setelah beberapa kali menyuguhkan postingan tentang bagaimana cara menyusun SKP, kini saya jelaskan bagaimana menilai SKP. Ini merupakan domain bagi pejabat penilai atau Atasan Langsung PNS penyusun SKP.

Setelah SKP disusun oleh staf, maka selaku pejabat penilai (atasan langsung) berwenang menyetujui SKP sebagai kontrak kerja antara PNS (si pembuat SKP) dengan atasan langsung sebagai pejabat penilai. Bentuk persetujuan adalah dengan menandatangani dokumen SKP. Selanjunya SKP PNS tersebut disimpan oleh kedua belah pihak. Sebagai atasan langsung atau pejabat penilai, Anda wajib membuat buku catatan yang berisi tentang penilaian prestasi terutama dari sudut pandang perilaku kerja. Ingat, penilaian prestasi kerja terdiri dari SKP(bobot 60%) dan perilaku kerja (bobot 40%) yang terdiri dari aspek:
Penilaian SKP dilakukan dengan cara membandingkan antara r e a l i s a s i  dengan target yang tertuang dalam SKP. Sehingga penilaian dilakukan secara kuantitatif.
  1. Contoh 1 Penilaian capaian Output. Jika realisasi target dari kuantitas (output) SKP 500 nota, sementara target yang tertuang dalam SKP adalah 500 nota, maka penilaian capaian output dapat digunakan rumus: 
    , sehingga nilai capaian Outputnya adalah 100. Ini berasal dari (500 nota / 500 nota) x 100.
  2. Contoh 2 Penialaian Capaian Kualitas. Misalnya realisasi target dari kualitas (mutu) 90%, sementara target yang tertuang dalam SKP adalah 100%, maka penilaian capaian mutu dapat digunakan rumus :
    , sehingga nilaian capaian kualitasnya adalah 90. Ini berasal dari (90%/100%) x 100 = 90. Untuk menilai kriteria kualitas, silahkan lihat / download pedoman penilaian kualitas.
  3. Contoh 3 Penilaian Capaian Waktu. Penghitungan aspek waktu dilakukan dengan memperhatikan hal-hal sebagai berikut: 
    • batas toleransi efesiensi waktu paling tinggi 24% (dua puluh empat persen) dengan nilai 76 (baik) sampai dengan nilai 100 (sangat baik).
    • apabila efisiensi lebih dari 24% (dua puluh empat per seratus) nilainya menjadi 75 ke bawah (cukup sampai dengan buruk). Contoh penghitungan nilai aspek waktu silahkan lihat/download Pedoman Penilaian Aspek Waktu.
  4. Contoh 4 Penilaian Aspek Biaya. Penghitungan aspek biaya (jika ada) juga memperhatikan hal-hal sebagai mana diatur pada penilaian aspek waktu. Artinya, batas toleransi efisiensi biaya yang diperkenankan adalah 24%. 
    • batas toleransi efesiensi biaya paling tinggi 24% (dua puluh empat persen) dengan nilai 76 (baik) sampai dengan nilai 100 (sangat baik).
    • apabila efisiensi lebih dari 24% (dua puluh empat per seratus) nilainya menjadi 75 ke bawah (cukup sampai dengan buruk). Contoh penghitungan nilai aspek waktu silahkan lihat/download Pedoman Penilaian Aspek Waktu. Lihat / Download pedoman Penilaian Aspek Biaya.
Setelah penghitungan target SKP selesai, maka Nilai dijumlah dan dicari nilai rata-rata dengan cara membagi nilai dengan jumlah aspek / uraian tugas/jabatan. 

Apabila ada Tugas tambahan yang menjadi beban PNS, tugas tambahan juga dapat dimasukkan dalam penilaian SKP. Apabila PNS melaksanakan tugas tambahan sebanyak 1 - 3 kegiatan mendapat nilai 1, 4 - 6 kegiatan mendapat nilai 2, lebih dari 7 kegiatan mendapat nilai 3. Penilaian Tugas Tambahan harus dibuktikan dengan surat-surat / bukti kegiatan dapat berupa SK, Surat Tugas, SPPD dan penilaian dengan dibuktikan Surat Keterangan pejabat yang berwenang (minimal eselon II). Namun perlu diingat, tugas tambahan PNS hanya menempati porsi sebanyak maksimum 30%. Berikut ini adalah contoh formulir penilaian SKP.

Nilai capaian SKP ini akan diambil 60% untuk membentuk nilai Capaian Kinerja atau Prestasi Kerja PNS. 40% lainnya dibentuk dari nilai Perilaku Kerja dengan aspek-aspek sebagaimana dijelaskan di atas.

Demikian, semoga bermanfaat. Jika Anda ingin membutuhkan informasi dapat memasukkan pesan di inbox facebook saya.

Incoming Search Engine Optimation:
 formulir skp pns, contoh sasaran kerja pegawai, SKP, Pengganti DP3,  formulir sasaran kerja pegawai negeri sipil tata cara penyusunan SKP permen 46 tahun 2011 cara menghitung SKP pns Sasaran Kinerja Pegawai SKP peneliti contoh, Powerpoint SKP, Simulasi Penghitungan Nilai SKP.
Share this article :

0 comments:

Ada kesalahan di dalam gadget ini

Pengikut


 
Support : Catatan Go Blog Groups | Your Dongeng Plano | SKP.Info
Copyright © 2013. Catatan Go Blog - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger